Kenali 6 Penyebab Anak Terlambat Bicara Berikut Ini

Apabila si kecil sudah memasuki usia 2 tahun namun belum mampu mengucapkan satu atau dua kosa kata, maka hal ini bisa menjadi indikasi bahwa anak mengalami terlambat bicara. Ketika anak terlambat bicara, adalah wajar jika orang tua mulai cemas dan khawatir terhadap perkembangan si kecil. Untuk itu penting bagi orang tua untuk mengenali penyebab dari kondisi tersebut sehingga resiko yang lebih besar dapat dicegah.

Bicara mengenai penyebab anak terlambat bicara, Anda tidak harus mengacu pada satu sebab saja. Ya, banyak faktor yang bisa menyebabkan keterlambatan bicara pada anak. Mulai dari gangguan pendengaran, kelainan perkembangan bicara, kurangnya komunikasi dari orang tua hingga disabilitas intelektual dan lain sebagainya.

Setiap anak dengan permasalahan terlambat bicara ini juga memiliki faktor penyebab yang berbeda-beda. Jadi untuk mengatasinya pun dibutuhkan cara atau terapi yang berbeda dan menyesuaikan penyebab keterlambatan bicara itu sendiri. Lantas apa saja yang menyebabkan anak terlambat bicara? Berikut adalah ulasan lengkapnya.

Gangguan pendengaran
Saat anak mengalami gangguan pendengaran, hal ini akan mempengaruhi penerimaan dan pemahaman si kecil. Bahkan pada kondisi ini anak cenderung kesulitan menerima atau mendengarkan suatu bunyi. Alhasil kemampuan anak untuk meniru, memahami serta menangkap kosa kata bahasa terhambat.

Akibat tayangan televisi
Selain faktor gangguan pendengaran, anak yang terlalu sering dibiarkan berlama-lama menonton televisi juga beresiko mengalami keterlambatan bicara. Hal ini karena ketika menonton televisi fokus anak adalah pada tampilan visual yang bergerak, bukan bahasa yang diucapkan. Jika kebiasaan menonton televisi ini tidak dihilangkan atau dikurangi, maka anak akan kesulitan berbicara karena minimnya kosa kata bahasa yang diterima.

Gangguan bahasa
Gangguan bahasa juga turut andil menjadi faktor atas keterlambatan bicara yang dialami anak. Anak lebih lambat untuk memaksimalkan kinerja otak, jadi bisa dikatakan bahwa otak anak bekerja dengan “cara yang berbeda”.

Pada anak yang mengalami gangguan bahasa ini akan kesulitan menghasilkan suatu suara, kesulitan untuk memanfaatkan bahasa lisan hingga sulit menyerap apa yang disampaikan oleh orang lain.

Minimnya komunikasi
Ketika orang tua kurang memiliki kedekatan dengan si kecil akan mempengaruhi pola komunikasi antar keduanya. Jadi saat orang tua jarang bersama anak, jarang berbicara atau bercanda dengan si kecil, maka hal ini sudah pasti menjadikan kosa kata yang diterima anak sangatlah sedikit.

Akibatnya, anak juga tidak memiliki referensi kosa kata yang harus diucapkan. Sedangkan saat anak berusia bayi seperti ini hanya bisa belajar dari lingkungan, termasuk orang tua dan orang-orang di sekitarnya.

Gangguan neurologis pada anak
Gangguan yang dimaksud disini adalah gangguan-gangguan neurologis seperti distrofi otot, cerebral palsy, hingga cedera otak. Kondisi-kondisi inilah yang mengurangi kinerja otot-otot yang seharusnya bekerja untuk memudahkan si kecil dalam memproduksi kosa kata.

Sifat bisu selektif
Anak terlambat bicara juga bisa disebabkan karena adanya sifat bisu selektif. Sifat bisu selektif ini sebenarnya lebih merujuk pada situasi-situasi tertentu yang membuat anak tidak mau berbicara. Situasi yang tidak nyaman juga bisa membuat si kecil enggan berbicara.

Demikianlah 6 penyebab anak terlambat bicara yang penting untuk Anda ketahui. Sebagai orang tua Anda tentu berharap si kecil dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal. Namun dalam prosesnya Anda juga harus sepenuhnya mendukung daya tumbuh kembang anak dengan menghindari hal-hal atau apapun yang menjadi pemicu keterlambatan bicara pada anak.
Semoga informasi di atas bermanfaat ya.


Kenali 6 Penyebab Anak Terlambat Bicara Berikut Ini Kenali 6 Penyebab Anak Terlambat Bicara Berikut Ini Reviewed by duoanggrek on 19.04 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.